Translate

Kamis, 13 Oktober 2011

MENGENAL JENIS-JENIS JARINGAN

Jenis-Jenis Jaringan Internet

Mengenal Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah kumpulan komputer dan peralatan lainnya seperti printer, scanner dll, yang terhubung dalam satu kesatuan. Informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel atau tanpa kabel (wireless) sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer yang sama dan bersama-sama menggunakan hardware/software yang terhubung dengan jaringan.
Jenis-Jenis Jaringan Komputer
Berdasarkan ruang lingkupnya jaringan komputer dibagi 3 jenis, yaitu ;
1. Local Area Network (LAN)
Local Area Network (LAN), merupakan jaringan yang terletak pada suatu lokasi dengan jangkauan terbatas, seperti hanya di dalam satu gedung.
2. Metropolitan Area Network (MAN)
Metropolitan Area Network (MAN), merupakan pengembangan jaringan LAN yang memiliki jangkauan yang lebih luas, seperti antar kota
3. Wide Area Network (WAN)
Wide Area Network (WAN), merupakan jaringan yang memiliki jangkauan seperti Negara.

Berdasarkan cara pengaksesan datanya jaringan komputer di bagi menjadi 2 jenis, yaitu :


1. Peer to peer, merupakan jenis jaringan yang tidak memerlukan server secara khusus, karena komputer yang terhubung pada jaringan dapat bertindak sebagai server atau Client, biasanya hanya terdiri 2 komputer.
2. Client-Server, Jenis jaringan ini terdapat komputer yang bertindak sebagai server dan ada komputer yang bertindak sebagai client (workstation).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar